Saturday, June 16, 2007

Allah Mengabulkan Doa Orang yang Kesusahan dan Memerlukan

Malik bin Dinar r.a bercerita, bahwa pada suatu hari ketika ia hendak pergi menunaikan ibadah haji, ia melihat seekor burung yang diparuhnya ada sepotong roti. Dengan takjub ia bergumam, "Demi Allah, saya akan memperhatikan apa yang akan dikerjakan burung itu dengan sepotong rotinya itu."



Saat Malik bin Dinar mengikuti burung itu, ia melihatnya menghampiri seorang kakek yang terikat. Lalu burung itu menyuapi kakek tersebut dengan roti sedikit demi sedikit. Kemudian burung itu terbang untuk mengambil air dengan paruhnya dan menuangkan ke mulut kakek itu.


Malik bin Dinar mendekati kakek itu dan bertanya, "Hai orang tua, apa yang terjadi denganmu?" Kakek itu menjawab, "Seluruh harta saya dirampas oleh perampok (perompak). Kemudian saya diikat di sini sampai lima hari saya menahan lapar. Tapi saya sabar dengan cobaan ini dan berdoa, "Ya Allah yang selalu mengabulkan doa orang yang sedang kesusahan, saya sedang kesusahan ya Allah, kasihanilah saya.' Maka Allah mengutuskan burung ini."



Setelah itu, Malik bin Dinar membukakan ikatan kakek itu dan mereka berjalan bersama untuk pergi haji.





Hikmat Cerita:

Sesungguhnya Allah mengabulkan doa orang yang bertakwa dan orang yang sedang kesusahan. Hal ini sesuai dengan firman-Nya yang bermaksud


"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya." (an-Naml:62)





***
courtesy of 40 Kisah Pengantar Anak Tidur oleh Najwa Husein Abdul Aziz
azz arhazza musir=)

No comments: