Sunday, July 01, 2007

Keutamaan Sedekah di Jalan Allah...2

Sedangkan di zaman Khalifah Abu Bakar ash-Siddiq r.a, seperti diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a., pernah terjadi kekeringan dan kelaparan nasional. Dalam situasi seperti itu, ada orang yang tamak dan ingin mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dengan menaikkan harga komoditas barang dagangannya.



Akan tetapi, dalam situasi seperti itu kita dapati Utsman r.a memberikan contoh yang baru dan mulia dalam bersedekah di jalan Allah dengan mengharap balasan dan pahala dari-Nya. Di samping itu, ia juga berusaha keras untuk menenangkan kaum Muslimin dan mengurangi beban kesulitan mereka.



Pada suatu hari, datanglah orang-orang kepada Khalifah Abu Bakar r.a. dan mengadukan tentang kesulitan mereka. Mendengar pengaduan tersebut, Abu Bakar r.a. berkata, "Allah akan menolong kalian dan membebaskan kalian dari kesulitan ini."



Pada siang harinya, datanglah kafilah dagangan, yaitu dagangan milik Utsman r.a., Kafilah tersebut terdiri dari seribu ekor unta yang masing-masing membawa gandum dan makanan.



Mendapati hal itu, para pedagang segera mendatangi Utsman r.a.. Mereka berkata kepadanya, "Saat ini orang-orang sedang kekurangan bahan pangan. Kebetulan engkau membawa komoditas-komoditas yang dibutuhkan dari Syam, yaitu gandum dan makanan lainnya. Oleh karena itu, juallah barang-barang tersebut kepada kami, sehingga engkau dapat mengambil untung dan kami mendapat untung. "Mendengar perkataannya itu, Utsman r.a. kemudian mengajaknya masuk dan duduk bersamanya. Setelah itu, Utsman r.a. bertanya kepada mereka, "Berapa banyak keuntungan yang berani kalian berikan kepadaku jika kujual barang-barang itu kepada kalian?"


Mereka berkata, "Setiap sepuluh dirham modal akan kami berikan keuntungan dua dirham."


Utsman r.a. berkata, "Ada yang memberikan keuntungan kepadaku lebih dari itu."


Mereka berkata, "Kami akan tambahkan keuntungan dua kali lipat, yaitu kami akan berikan empat dirham sebagai ganti dari dua dirham tadi."



Utsman r.a. berkata kepada mereka, "Ada yang menjanjikanku keuntungan yang lebih banyak lagi dari itu. "Mendengar itu para pedagang pun merasa heran. Lalu mereka bertanya, "Kami adalah pedangang yang ada di Madinah ini, maka siapa lagi selain kami yang berani menjanjikan keuntungan lebih dari kami?" Utsman r.a. berkata, "Allah swt, memberikan keuntungan yang lebih tinggi dari kalian. Karena dari setiap satu dirham, Dia memberikan untung sepuluh dirham. Sesuai dengan firman Allah swt., yang bermaksud



"Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya." (al-An'aam:160)


Hai para pedagang, lihatlah! Aku menyedekahkan barang-barang ini untuk kaum Muslimin karena mengharapkan keridhaan Allah swt..




Hikmah Cerita:

Para orang tua dan anak-anakku tercinta, bersedekahlah di jalan Allah! Niscaya Allah akan memberikan anugerah kepada kalian di dunia dan balasan yang besar di akhirat nanti.





Courtesy of 40 Kisah Pengantar Anak Tidur by Najwa Husein Abdul Aziz

No comments: